1. Piston
Satu-satunya komponen yang ‘pinjam’ dari motor lain. Agar ledakan di ruang bakar lebih dahsyat, kompresi dinaikkan, pakai piston Honda GL Pro Neotech/Mega Pro. “Pakai piston ini tinggal pasang, hanya di bagian coakan klep diperdalam 1 mm, agar tak benturan sama klep,”.
Kepala silinder diporting dan polish agar aliran bahan bakar lebih lancar dan terarah |
Cegah slip, perkopling cukup di tambah ring 2mm |
2. Kepala Silinder
Pada saluran masuk dan buang diporting dan polish. Lalu sitting klep dibubut sedikit dan diatur ulang sudutnya. Bos klep juga kena papas bor tuner. “Tujuannya agar aliran bahan bakar dan udara yang mau masuk ke ruang bakar lebih lancar dan terarah, juga sisa pembakarannya,” jelasnya.
3. Noken As
Salah satu kuncian tenaga motor 4 tak ada di noken as. Waktu membuka dan menutup klep masuk maupun buang, akan mempengaruhi karakter tenaga yang dihasilkan. Komponen aftermarket untuk Tiger masih jarang, jika pun ada hasilnya belum tentu sesuai harapan.
Makanya mekanik ramah ini melakukan riset sendiri dari noken as standar. Untuk harian bagian bebas cukup dibubut 1 mm, durasinya 266ยบ dihitung saat klep mengangkat 1 mm dengan setelan 0,1 mm.
Pada saluran masuk dan buang diporting dan polish. Lalu sitting klep dibubut sedikit dan diatur ulang sudutnya. Bos klep juga kena papas bor tuner. “Tujuannya agar aliran bahan bakar dan udara yang mau masuk ke ruang bakar lebih lancar dan terarah, juga sisa pembakarannya,” jelasnya.
3. Noken As
Salah satu kuncian tenaga motor 4 tak ada di noken as. Waktu membuka dan menutup klep masuk maupun buang, akan mempengaruhi karakter tenaga yang dihasilkan. Komponen aftermarket untuk Tiger masih jarang, jika pun ada hasilnya belum tentu sesuai harapan.
Makanya mekanik ramah ini melakukan riset sendiri dari noken as standar. Untuk harian bagian bebas cukup dibubut 1 mm, durasinya 266ยบ dihitung saat klep mengangkat 1 mm dengan setelan 0,1 mm.
Meningkatkan kompresi pakai piston honda megapro |
Noken as di bubut 1 mm dan durasinya 266 derajat |
4. Karburator
Menyesuaikan aliran dan sedotan ke ruang bakar yang meningkat, komponen pengabut bahan bakar dan udara ini juga harus disesuaikan. Tak perlu diganti, hanya venturinya perlu direamer jadi 28 mm, dari yang standarnya 26 mm, sehingga jumlah udara yang masuk bisa lebih banyak.
Menyesuaikan aliran dan sedotan ke ruang bakar yang meningkat, komponen pengabut bahan bakar dan udara ini juga harus disesuaikan. Tak perlu diganti, hanya venturinya perlu direamer jadi 28 mm, dari yang standarnya 26 mm, sehingga jumlah udara yang masuk bisa lebih banyak.
Karbu venturinya direamer jadi 28mm |
5. Kopling
Agar tenaga yang dihimpun tak mubazir lantaran terjadi selip kopling, maka perlu diantisipasi. Tak perlu per kopling racing, “Cukup pakai kampas kopling asli dan menambah ring setebal 2 mm pada per koplingnya, dijamin tenaga tersalur sempurna ke roda belakang,”.
Demikian tutorial ini saya buat , semoga bisa bermanfaat bagi para pecinta Tiger di seluruh tanah air yang kurang paham dalam meningkatkan performa Tiger besinya .
Salam satu aspal ..... blaaarrr ,...... blaarrr ...... blarrrrrr
Tidak ada komentar:
Posting Komentar